Dampak Perubahan Iklim Secara Fisik

Sebelumnya kita sudah membahas apa saja dampak perubahan iklim bagi manusia. Nah, pada kesempatan ini kita akan melihat apa saja dampak fisik dari perubahan iklim. Baiklah perubahan secara fisik akibat perubahan iklim dapat dilihat pada berubahnya cuaca dan meningkatnya permukaan air laut, perubahan struktur suatu daerah dan lain-lain.
Dampak Perubahan Iklim Secara Fisik
Ilustrasi

Perubahan temperatur bumi yang meningkat mengakibatkan perubahan pola cuaca yang rumit sehingga mengakibatkan terjadinya cuaca yang ekstrem seperti terjadi kekeringan pada suatu daerah yang pada saat bersamaan juga terjadi curah hujan yang tinggi berkepanjangan pada daerah lainnya sehingga menimbulkan banjir. Akibat cuaca ekstrim seringkali terjadi badai baik itu badai topan maupun badai lainnya dan meningkatnya siklon tropis. Cuaca ekstrem dapat juga berupa turunnya salju di daerah tertentu yang sebelumnya memang tidak pernah terjadi.

Perubahan iklim juga menyebabkan sulitnya perkiraan cuaca yang tepat sehingga akan berakibat masyarakat tidak siap dalam mengantisipasi perubahan iklim atau perubahan cuaca yang akan terjadi. Akibat perkiraan cuaca yang tidak tepat akan berpengaruh pada pertanian yang menjadi sumber makanan manusia. Petani akan sulit menentukan waktu yang tepat untuk menanam sehingga akan terjadi kesalahan musim tanam yang akan berisiko gagal panen.

Akibat pemanasan global diperkirakan pada tahun 2100 permukaan air akan meningkat antara 9 cm sampai 88 cm dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini disebabkan mencairnya gunung es yang ada di kutub bumi sehingga mengakibatkan banyak pulau-pulau akan terancam tenggelam bersamaan meningkatnya permukaan air laut.


Berikut grafik perubahan iklim yang diperkirakan per dua puluh tahun mulai dari tahun 1860 sampai tahun 2000.

Dampak Perubahan Iklim Secara Fisik
Grafik Perubahan Temperatur Global
Berdasarkan grafik diatas dapat kita lihat peningkatan yang sangat signifikan perubahan iklim antara tahun 1860 sampai dengan tahun 2000. Temperatur pada antara tahun 1860 sampai dengan tahun 1920 masih terjadi naik turun mungkin dikarenakan pada masa itu belum meningkatnya perindustrian di negara-negara maju. Namun 1940 sampai dengan tahun 2000 merupakan fase masa modern dimana pertumbuhan perindustrian di setiap negara makin meningkat terutama di negara-negara maju yang mengeluarkan emisis gas rumah kaca sangat berlebihan baik itu industri maupun bidang transportasi sehingga temperatur global meningkat mencapai 0,8 derajat celcius.

Grafik tersebut menjelaskan bagaimana perubahan iklim perdua puluh tahun samap pada tahun 2000. Jika dihitung sampai tahun 2020 maka bisa dipastikan temperatur bumi akan terus meningkat seiring berkembangnya teknologi modern yang semakin pesat.

Negara maju sudah melakukan kiat-kiat dalam mengurangi jumlah emisi gas rumah kaca di setiap negara. Namun hal ini tidak berpengaruh nyata terhadap perubahan iklim dunia karena pada kenyataannya yang mereka proteksi hanya untuk negara berkembang seperti negara asia tengara. Sedangkan di negara maju kegiatan  perindustrian terus berlanjut yang mengesampingkan efek terhadap global.

Demikianlah artikel gambaran tentang dampak perubahan iklim pada fisik semoga bermanfaat dan terimaksih telah berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat