Misteri Sosok Maop

Apa itu Maop? Siapakah makhluk yang disebut dengan Maop? Manusiakah Ia atau makhluk haluskah Ia? Yang jelas Maop adalah momok menakutkan terutama bagi dunia anak-anak. Jawaban dari pertanyaan tadi masih sangat misteri. Sebutan Maop sama tingkatannya dengan yang namanya sering disebut media massa semasa konflik di Aceh yaitu momok OTK (Orang Tak Dikenal).

Sebutan OTK sudah mengarah kepada manusia yang misterius yang belum diketahui indentitasnya. Bisa jadi Maop lebih misterius daripada OTK karena keberadaan dan jenisnya belum terdeteksi sampai sekarang ini tahun 2014. Maop belum jelas apa dia makhluk seperti Jin atau manusia.

Yang jelas nama Maop tersebut sering digunakan ibu-ibu di Aceh untuk menakut-nakuti anaknya yang membandel. Dengan menyebut nama Maop. Anak-anak dengan sendirinya menjadi takut akan sosok Maop yang belum jelas bentuknya bagaimana. Ketika mendengar Maop mungkin akan terbayang dalam imajenasi anak-anak adalah makhluk tinggi besar berbulu kelam dan lebat dengan mata merah menyala.

Sebagian lagi mungkin akan terbayang Maop itu seperti raksasa bertaring besar yang siap memangsa anak-anak juga lain halnya dengan hayalan anak-anak yang sering melihat gambar atau film horor menakutkan. Anak-anak cenderung berimajenasi layaknya tokoh antagonis (tokoh jahat) dalam film yang ditontonnya itu adalah Maop.

Maop sudah melegenda. Dari dulu secara turun temurun tanpa disadari sudah menjadi bagian fenomena hidup dan kebiasaan dalam aktifitas interaksi dalam kehidupan keluarga. Terutama dunia anak di Aceh. Namun untuk orang dewasa di aceh kata Maop itu sendiri menjadi lelucon. Jangan pernah penakuti orang dewasa di Aceh misalnya dengan kata “hai bek kajak keunan na maop, dicok keuh” “jangan kesana diculik maop” kira-kira begitu artinya. Jika kata-kata itu disebutkan pada orang dewasa akan menjadi sesuatu yang lucu karena Maop itu sendiri tidak pernah ada.

Beda konteks semasa konflik di Aceh beberapa orang Aceh sebagiannya menafsirkan Maop itu dengan sosok atau sekelompok orang yang suka melakukan penculikan dan penghilangan orang secara paksa. Kadang-kadang mereka menyebutnya dengan nama Maop. Sehingga pada saat itu jika ada yang hilang maka akan disebut dengan sebutan diculik oleh Maop atau dengan kata cegahan “jangan kesana ada Maop” maka dengan sendirinya orang akan paham itu adalah para momok menakutkan yang kemungkinan menculik atau melakukan aktifitas penghilangan orang secara paksa.

Beda di Aceh beda pula di negara orang. Sosok misterius tetap ada di daerah lain dengan sebutan sesuai dengan istilah masing-masing daerah. Misalnya ada Yeti di pegunungan Himalaya Nepal dan ada Big Foot di Amerika.

Selain Maop ada satu lagi makhluk misterius yang konon menghuni hutan Aceh yang disebut dengan Aneuk Cho. Pada kesempatan selanjutnya saya akan membahas tentang Aneuk Cho tersebut yang katanya memang makhluk menyerupai manusia bertubuh kerdil.


Jika ada yang berbeda pendapat atau ada istilah sebutan nama untuk yang misterius ditempat pembaca silakan memberikan masukan yang membangun melalui komentar tentunya.

Comments

jarumpoker said…
mantap bos artikelnya dan sangat menarik
togelmarket said…
mantap gan artikelnya dan sangat menarik
data sgp said…
terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Adu Sapi (Peupok Lumo)

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat