Langkah-langkah Antisipasi Sebelum Terjadi Angin Badai

Ilustrasi
Angin badai dapat menyebabkan bencana besar bagi wilayah pesisir pantai. Angin badai dapat menerjang wilayah pesisir sepanjang ratusan kilo meter ke daratan. Pada umumnya angin badai terjadi diwilayah pesisir yang menghasilkan kekuatan mencapai 160 km per jam seperti badai Tornado. Angin badai di wilayah pesisir jika terjadi dalam waktu yang  lama juga terkadang diiringi dengan hujan yang sangat deras.

Akibat badai yang diiringi angin kencang tersebut juga dapat menimbulkan banjir dan menerbangkan puing-puing rumah sehingga dapat menyebabkan kerusakan berat dan juga dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Jika badai yang bergerak lamban menuju arah penggunungan khususnya yang diiringi dengan hujan lebat akan mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Kelebihan curah hujan juga dapat menyebabkan terjadinya banjir bandang di wilayah sepanjang aliran sungai. Daerah aliran sungai pada umumnya banyak dihuni oleh masyarakat sehingga menjadi sangat berisiko terhadap bencana banjir bandang.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum terjadinya bencana angin badai:

1. Utamakan sejak awal membangunan rumah yang kokoh dan aman  dari ancaman badai dan sediakan kotak emergency kit di rumah.

2. Rencanakan langkah penyelamatan dengan komunikasi yang inten dengan setiap anggota keluarga.
Kenali lingkungan sekitar baik itu jalur teraman untuk evakuasi maupun ancaman bencana yang sewaktu bisa saja terjadi.

3. Pelajari tentang jumlah anak tangga yang ada dirumah apakah berada pada level ketinggian yang aman jika terjadi banjir atau pasang surut air.

4. Identifikasi wilayah anda jika ada tanggul atau tempat penampungan air apakah bendungan   tersebut dapat mengancam keseslamatan jiwa atau menjadi sumber bencana. Jika iya maka harus   merencanakan untuk segera evakuasi sebelum bencana terjadi.

5. Kenali dan temukan jalur evakuasi yang efektif jika badai terjadi segera melakukan evakuasi tanpa harus membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan tempat yang tinggi dan aman.

6. Jika daerah anda sudah dibentuk komunitas evakuasi bencana badai maka bergabunglah untuk menambah pengetahuan tentang evakuasi dan mungkin mengenali jalur evakuasi bencana yang telah dirancang.

7. Lakukan pengamanan pada rumah anda seperti keamanan jendela karena biasanya jendela kaca   biasa akan mudah pecah jika diterjang angin badai. Jika jendela rumah tidak aman bukan tidak   mungkin rumah diterbangkan angin badai. Oleh itu pasanglah kaca permanen yang kuat dan tahan dari terjangan angin badai.

8. Pasang atap yang kokoh karena atap merupakan hal yang sangat rentan dari terjangan angin badai.

9. Jika disekeliling ada beberapa pohon di pekarangan rumah maka jagalah pohon tersebut dengan   selalu memangkas setiap dahannya agar tidak menjadi ancaman. Jika pun badai datang sekiranya   angin tidak akan menumbangkan pohon tersebut.

Hal yang utama yang dapat melindungi anda dari angin badai adalah bangunan rumah yang kokoh. Bangunan tinggi tidak dapat menjamin sepenuhnya keselamatan anda karena rentan terhadap angin badai. Namun bangunan yang rendah akan rentan terhadap banjir.

Jika bangunan rumah yang tinggi kemungkinan berfungsi untuk kedua jenis bahaya tersebut. Karena jika terjadi banjir dapat lantai atas dapat digunakan sebagai tempat evakuasi dan jika angin badai terjadi anda dapat berlindung di lantai dasar gedung.

Angin badai adalah ancaman bagi setiap masyarakat yang tinggal di  daerah rentan bencana badai seperti wilayah pesisir laut. Jika memiliki pengetahuan dan mengenali ancaman atau bahaya akan mudah begaimana melakukan evakuasi dan melindungi diri dan keluarga dari ancaman bencana.


Demikian beberapa langkah yang harus dikuasai oleh masyakat rentan bencana khususnya bencana badai angin topan. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini semoga kita menjadi orang yang sadar akan risiko bencana sehingga dapat mengurangi risiko bencana yang berpotensi dilingkungan kita.

Ilustrasi

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat