Langkah-langkah Penyelamatan Saat Terjadi Angin Badai

Badai
Sebelumnya saya sudah menulis tentang kiat apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindar atau mengurangi risiko bencana sebelum terjadi angin badai. Pada kesempatan ini saya akan membahas langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan ketika sedang terjadi angin badai. Berikut beberapa tips atau langkah-langkah penyelamatan saat terjadi angin badai yang dapat anda lakukan.

1. Dengarkan intruksi radio dari tim pemantau bencana atau Badan Meteorologi, Klimantologi dan Geofisika (BMKG) yang bertanggungjawab memantau dan menyebarkan informasi ke wilayah  anda.

2. Tutup semua pintu rumah dan bawa barang berharga yang mudah diangkat sekalian ke tempat aman dirumah anda. Barang berhaga tentunya adalah hasil kerja keras anda yang patut dipertimangkan untuk pengamanannya selain menyelamatkan nyawa anda sendiri.

3. Hindari penggunaan handphone (hp) kecuali sangat diperlukan untuk mencegah tersambar petir. Karena angin badai biasanya dibarengi dengan guntur dan petir. Sinyal jaringan hp menghasilkan gelombang magnetik yang dapat menarik energi petir menyambar anda.

4. Pastikan persediaan air cukup di dalam rumah untuk keperluan darurat. Persediaan air bersih sangat penting jika saja persediaan air bersih tercemar akibat hantaman angin badai maka anda tidak perlu repot-repot membangun kembali tempat tampungan air atau mencari air bersih untuk keperluan anda setelah terjadi angin badai.

5. Pastikan persediaan makanan dalam rumah berada pada tempat aman dari terjangan badai. Jika anda berada di daerah pulau yang jauh dari jangkauan pasokan logistik darurat maka ada baiknya mengamankan persediaan makanan untuk dapat dikonsumsi dalam beberapa hari kedepan.

6. Jika sedang berada dalam gedung bertingkat yang  tinggi hindari kepanikan dan tetap berada dalam gedung sebelum badai berhenti. Jangan mendekat jendela karena kemungkinan pecahnya kaca jendela gedung serta menjauh dari elevator.

7. Berdoa untuk keselamatan karena doa adalah jalan terakhir setelah semua usaha sudah dilakukan.

Demikian beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan saat terjadi angin badai. Terimakasih telah berkunjung semoga kita terlindung dari segala marabahaya.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat