Tips Membangun Keluarga Siaga Bencana

Membangun keluarga siaga bencana merupakan tanggungjawab bagi semua kepala keluarga. Menjaga keluarga dari segala ancaman terutama bahaya bencana sangat penting. Saat terjadinya bencana terkadang tidak semua anggota keluarga kita berkumpul. Jadi rencanakan bagaimana anda dapat menghubungi anggota keluarga anda pada saat darurat dan pikirkan sejak dini bagaimana anda membangun komunikasi jika terjadi situasi yang berbeda dari biasanya.

Keluarga Siaga Bencana
Keluarga Siaga Bencana

Selalu pantau dan kenali lingkungan sekolah anak anda jika memang daerah sekolah merupakan kawasan rentan bencana maka siapkan perencanaan matang untuk melakukan evakuasi termasuk memberikan pengetahuan agar dapat memberikan pengetahuan lebih kepada anak anda jika sewaktu terjadi gejala alam baik itu gempa ataupun angin badai. sehingga keluarga anda menjadi keluarga yang siaga terhadap bencana


Berikut beberapa tips membangun komunikasi untuk menjadi keluarga siaga bencana:

1. Dapatkan atau identifikasi nomor teman dan tetangga anda yang mungkin akan anda butuhkan atau mempersingkat hubungan kemungkinan anggota keluarga anda melakukan evakuasi bersama tetangga  atau teman dekat.

2. Sudah tentunya setiap anggota keluarga memiliki dan mengingat nomor kontaks masing-masing anggota keluarga baik anak dan orang tua untuk pemanggilan pada saat darurat. Saat kejadian tsunami di Aceh tahun 2004. Semua alat komunikasi terputus di wilayah yang kolab akibat diterjang ombak tsunami. Sehingga mengakibatkan terputusnya komunikasi ke luar daerah. Jadi sangat penting berkomunikasi  untuk menentukan tempat tujuan evakuasi keluarga sebelum bencana terjadi.

3. Ajari setiap anggota keluarga bagaimana menulis sms. Jika saja terputusnya jaringan atau tidak bisa melakukan pangggilan darurat karena biasanya pada saat terjadi hal darurat banyak orang yang menggunakan pemanggilan menyebabkan tidak terhubungnya pemanggilan. Oleh karena itu salah satu tindakan komunikasi alternatif adalah dengan sms.

4. Latihlah keluarga anda dalam hal evakuasi bencana paling tidak dalam sebulan sekali melakukan training sesema anggota keluarga itu lebih baik.

4. Selalu ikuti informasi terkini dari badan pemantau cuaca  daerah domisili anda.


Demikianlah tips membangun keluarga siaga bencana terimakasih telah berkunjung. jika tulisan ini bermanfaat maka bagilah artikel ini kepada teman anda agar kita menjadi salah satu orang yang peduli dan berniat membangun keluarga siaga bencana.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat