Yang Harus Dilakukan Saat Akan Terjadi Tsunami

Sebelumnya saya sudah menulis tentang hal apa saja yang harus dilakukan saat terjadinya gempa bumi. Pada kesempatan kali ini kita akan melihat kiat-kiat apa saja yang perlu dilakukan saat akan terjadi tsunami. Tsunami adalah gelombang yang besar yang disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah karena gempa bumi.

Biasanya terjadi hanya beberapa menit setelah terjadinya gempa bumi. gelombang tsunami adalah gelombang yang berkekuatan sangat tinggi dan kecepatannya dapat melebihi kecepatan pesawat terbang bisa sampai puluhan ribu kilometer per jam. Oleh karena itu perlu adanya langkah-langkah yang untuk dapt terhindar dari bencana tsunami.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan saat akan terjadinya tsunami.

1. Jangan Panik

Panik merupakan hal yang sepele jika dilihat dari kata dan kejadiannya saja namun jika seseorang menjadi panik maka dapat berakibat fatal. Akibat kepanikan ini bisa jadi seseorang saat terjadi tsunami bukan malah berlari menjauh untuk menyelamatkan diri tetapi tidak tau harus melakukan apa. Kadang-kadang hanya berteriak histeris tanpa melakukan apa-apa sehingga menjadi korban dari tsunami.

2. Jangan Menonton Tsunami

Kejadian tsunami memang unik karena jarang terjadi. Jika dilihat dari kejauhan gelombang tsunami berbentuk awan hitam yang meninggi seperti tembok di lautan dan bergerak sangat cepat. Menjadikan tsunami sebagai sebuah tontonan unik sangat membahayakan keselamatan jiwa. Jika tsunami dapat dilihat dari kejauhan maka dapat dipastikan anda berada dalam kawasan jangkauan bahaya tsunami.

2. Segera Bergegas ke Perbukitan

Segeralah berlari ke wilayah lebih tinggi jangan lupa ajaklah keluarga sekalian. Jangan hiraukan harta benda karena anda tidak punya waktu untuk itu. Berlarilah secepat mungkin karena tsunami berkekuatan tinggi sangat cepat melaju kedaratan. Sebaiknya jangan gunakan kendaraan roda empat agar tidak terjebak dalam kemacetan. Berlari kearah jalur alternatif yang dapat mempersingkat waktu anda ketempat tujuan evakuasi.

Jika tempat anda jauh dari perbukitan maka sasaran tujuan penyelamatan anda adalah bangunan tinggi yang kuat dengan pancangan rangka baja atau jika tempat anda sudah disediakan tempat evakuasi bencana tsunami seperti escape building maka jangan sungkan untuk berlari ke gedung tersebut.

Selain  melakukan tiga hal tersebut berdoalah untuk keselamatan dari bencana tsunami. Karena kekuatan doa dapat mengalahkan tiga hal di atas.














    
Pemodelan Tsunami Aceh 2004


Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat