Perbedaan Badai Hurriane, Cyclone dan Topan

Badai Hurricane, Cyclone dan Badai Topan ketiganya merupakan badai yang disebabkan oleh faktor fenomena iklim. Badai Topan paling besar yang menghantam  Hong Kong setidaknya menewaskan 30 orang dan ribuan korban yang harus dievakuasi ke daratan Cina dan ratusan jadwal penerbangan harus dibatalkan pada saat itu.

Perbedaan Badai Hurriane, Cyclone dan Topan
Badai Usagi yang menewaskan setidaknya 25 orang 2013



Badai Topan Usagi Jepang juga merupakan badai Topan terbesar yang tejadi pada tahun 2013. Badai tersebut merupakan klasifikasi sebagai super Topan. Laporan badan meteorologis bahwa badai Topan tersebut menghembuskan angin dengan kecepat 260 kilometer per jam.

Badai tersebut berdasarkan penyebabnya pada dasarnya sama karena ditimbulkan akibat adanya fenomena perubahan cuaca. Namun perbedaan nama badai merupakan sebutan untuk masing-masing badai tergantung terjadi diwilayah yang berbeda.

Kekeliruan pemahaman kebanyakan masyarakat terhadap badai dengan menyebutkan setiap terjadi angin kencang maka disebut sebagai angin Topan walaupun terjadi didaratan. Bisa saja angin tersebut merupakan angin huru-hara atau angin kencang saja bukan merupakan angin Topan karena angin Topan terjadi di wilayah samudra. Badai yang terjadi di wilayah daratan Indonesia bisa saja merupakan ekor dari angin Topan itu sendiri yang masih memliki kekuatan sampai ke daratan Indonesia.

Oleh karena itu, artikel ini mengklarifikasi agar tidak salah penafsiran dalam pemahaman pengertian jenis nama angin badai. Berikut ulasan perbedaan angin badai:

Badai yang terjadi diwilayah samudra Atlantik dan wilayah sebelah utara samudra Pasifik disebut dengan badai Hurricane.

Apabila badai terjadi di wilayah barat laut Pasifik  dengan kekuatan dan kecepatan badai yang sama disebut badai opan. Badai yang sama apabila terjadi di wilayah barat daya Samudra Hindia maka disebaut dengan badai Cyclone atau badai Tropis.

Klasifikasi ketiga badai Hurricane, badai Tropis (Cyclone)  dan badai Topan adalah kecepatan hembusan angin mencapai 74 mil per jam atau 119 KM per jam.

Perbedaan musim terjadinya badai.

Musim badai Huriicane di samudra Atlantik biasanya terjadi pada bulan Juni sampai 30 November. Namun badai Topan dan badai Tropis sedikit berbeda pola musimnya. Di timur laut Pasifik badai Topan terjadi biasanya mulai 15 Mei sampai 30 November. Badai Topan yang terjadi di barat laut Pasifik terjadi antara Juni sampai November. Di timur laut samudra Hindia terjadi badai Tropis (Cyclone) antara April sampai Desember.

Ketiga kejadian badai tersebut merupakan murni akibat fenomena alam atau bencana alamiah karena faktor perubahan suhu udara dan cuaca. Baru-baru ini para ilmuan berdebat mengenai kaitan pengaruh pemanasan global merupakan penyebabkan bertambahnya frekuensi terjadi angin badai.




Video badai Hayyan:

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat