Bahasa Aceh (Semeuseup bukan Semeuseut)

Bahasa Aceh memang kaya istilah dari sekian banyak istilah saya mencoba membahas tentang satu kata yang sangat sensitif untuk dilakukan dan terjadi maka kemungkinan akan terjadi kontak fisik dengan lawan bicara, Seumeuseup berati mencaci-maki atau mencerca dibeberapa daerah mengatakan dengan sebutan Teumeunak (mencaci) atau tenak (caci) bukan cacing ya...hehe


Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang semeuseut pengucapan dan penulisannya hampir sama dengan seumeuseup namun berbeda makna jika seumeuseup berarti mencaci-maki  maka Semeuseut adalah menguras air atau seuet ie berarti kuras air. Mari kita kembali ke topik utama yaitu Seumeuseup.

Semeuseup dalam bahasa Aceh tidak sama dengan mencaci-maki dalam bahasa indonesia karena dalam konteks bahasa Aceh mencaci-maki dengan istilah Seumeuseup adalah melontarkan kata-kata yang sangat tidak senonoh sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan terhina yang begitu mendalam terhadap orang yang dicaci-maki. Jika seseorang Seumeuseup maka akan menimbulkan rasa benci dan dendam yang tak terperi bagi yang menerima cacian tersebut sehingga akan terjadi konflik pribadi bahkan ada yang berujung perkelahian dan pembunuhan. Kejam memang dari kata Seumeuseup memang terdengar sederhana namun jika dilakukan akan menimbulkan perkara yang sangat besar.

Ada dua konteks dalam bahasa Aceh tentang Seumeuseup pertama Semeuseup gura-gura (sebagai candaan) artinya Semeuseup candaan, namun tetap dengan kata-kata kotor. Sebagian orang yang tidak mengerti dengan konteks ini akan menaruh hati dan marah, Sedangkan sebagian orang paham bahwa itu hanya candaan dan tidak menjadi suatu masalah.


Apa pun yang namanya caci-maki itu adalah hal yang tidak baik walaupun dilakukan sebagai candaan, alangkah baiknya tidak dilakukan karena tanpa sengaja akan ada orang yang tersakiti sehingga dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan semisal terputusnya tali silaturrahmi dan perpecahan antara sesama warga.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat