Aceh Wilayah Kompleks Potensi Bencana

Judul diatas terlihat begitu berlebihan namun jika kita lihat kondisi  wilayah geografis dan dan kondisi alam Aceh sangat komplek mulai dari banyaknya gunung api dan wilayah aliran sungai di lingkungan masyarakat yang kapan saja dapat mengancam nyawa manusia maka bisa saja Aceh terjadi bencana sewaktu-waktu. Selain wilayah yang berada pada garis yang sering terjadi gempa, kondisi alam yang kompleks. Tatanan sosial dan demografi masyarakat Aceh juga semakin komplek dengan banyaknya perbedaan suku didalamnya dapat memicu terjadinya bencana sosial seperti konflik.

Pada dasarnya bencana alam meliputi bencana yang disebabkan oleh alam dan bencana yang disebabkan oleh non alam. Bencana yang disebabkan oleh alam diantaranya adalah gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, badai, kekeringan dan tanah longsor walaupun sebagiannya kadang-kadang disebabkan oleh manusia. Sedangkan bencana akibat ulah manusia merupakan bencana yang bersumber dari tindakan sosial atau pun aktifitas industri dan pertambangan seperti perang, kecelakaan lalu lintas, pencemaran air, pencemaran udara, dan radiasi nuklir serta masih yang lainnya.


Oleh karena itu sangat perlu adanya suatu tatanan dan perenanaan yang sangat baik dalam hal mencegah terjadinya bencana. Jika pun bencana terjadi harus ada suatu perencanaan secara dini dalam hal menanggulangi permasalahan yang timbul kedepan. Penguatan kelembagaan kemasyarakatan dalam hal sadar bencana sangatlah utama dalam mengantisipasi jika bencana terjadi. Tidak ada orang yang menginginkan terjadinya bencana sebaliknya kita sebagai manusia selalu berdoa agar dijauhkan dari bahaya bencana maka perlu adanya kesadaran akan bencana bagi setiap diri pribadi kita.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat