Bahaya Kebakaran

Bahaya kebakaran sangat mengancam keselamatan jiwa. Setiap detik bahaya  kebakaran bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun tidak terjadi di Indonesia namun terjadi di belahan dunia lain setiap saat. Kebakaran tidak hanya bisa terjadi di perumhan  bisa saja terjadi di hutan dan dipasar. Biasanya di Indonesia kebakaran paling sering ditimbulkan oleh kesalahan intalasi listrik dan meledaknya kompor.

Di Amerika tercatat setiap tahunya lebih dari 2.500 orang meninggal dan 12.000 kehilangan tempat tinggalnya akibat kebakaran. Dengan perkiraan kerugian mencapai US 7,3 miliar. Kebakaran dapat di cegah namun sangat sulit untuk dihentikan. Apalagi di Indonesia yang memiliki jalanan padat dan jalur lalu lintas sering macet sangat menghambat proses pemadaman api oleh tim pemadam kebakaran.
Bahaya Kebakaran
Ilustrasi

Untuk menyelamatkan diri dari  bahaya kebakaran sangat kecil kemungkinannya. Jika sudah terjebak dalam kobaran api. Api dapat menghanguskan dengan cepat sehingga banyak orang tidak punya waktu untuk menyelamatkan diri. Tidak ada waktu untuk menelpon bantuan bahkan berteriak saja hampir tidak ada kesempatan. Api dapat menghanguskan sebuah rumah hanya dalam rentang waktu dua menit saja.

Dalam sekejab percikan api kecil dapat membentuk sebuah api yang dapat membakar dan itu hanya butuh 30 detik saja api berkumpul untuk pelan-pelan berkumpul dan membesar sehingga mengepulkan asap hitam di dalam rumah. Hitungan menit api menjadi besar yang dapat melalap sebuah rumah. Banyak kejadian kebakaran rumah pemikik rumah sedang tertidur lelap sehingga mengakibatkan kematian. karena api berkobar sangat cepat yang menutup semua akses jalan keluar. Korban kebakaran kadang-kadang lebih dahulu meninggal karena pingsan setelah menghirup asap yang memenuhi rumah.

Panas api terkadang lebih berbahaya dari bara api karena panas api juga dapat membunuh. Temperatur lantai ruangan terbakar mencapai 100 derajat celcius dan meningkat menjadi 600 derajat celcius jika api terus membesar maka suhunya juga semakin meningkat. Suhu yang begitu panas dapat menghanguskan paru-paru dan mengelupasnya kulit dalam waktu lima menit saja.

Api itu menghasilkan cahaya tetapi asapnya jika berkumpul akan mengsilkan kegelapan apalagi jika sudah memenuhi suatu ruangan. Jika kebakaran terjadi dan seseorang sedang terlelap dan kemudian terbangun dengan kepulan asap memenuhi ruangan dapat dipastikan dia tidak dapat menemukan jalan keluar dengan cepat meskipun ia sudah menghuni rumah tersebut selama puluhan tahun.

Asap dan gas toxic membunuh banyak orang dalam kejadian kebakaran. Proses kebakaran memanfaatkan oksigen yang kita butuhkan untuk menghasilkan asap dan gas yang dapat membunuh. Jika kita bernafas dengan menghirup dalam jumlah kecil asap dan gas toxit dapat membuat kita mengantuk sehingga dapat menimbulkan kantuk dan tertidur pulas sebelum api memasuki ruangan.

Bahaya kebakaran dapat dihindar dengan mengenali dan jeli dalam memeriksa penyebab terjadinya kebakaran sebelum beranjak pergi ataupun sebelum tidur. memeriksa rumah agar aman dari kebakaran sangat penting karena tidak ada orang yang ingin kehilangan rumah dan harta benda.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung dan membaca. Jika ada tambahan atau kritik silakan diisi pada kolom komentar dan jangan lupa membagi kalau artikel ini bermanfaat dalam keseharian anda.


Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat