Bencana Akibat Kegagalan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknonologi sangat membantu kita dalam beraktifitas sehari-hari. Seiring perkembangan jaman semakin komplek pula teknologi yang diciptakan manusia. Mulai dari teknologi skala kecil sampai teknologi skala besar telah memanjakan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan. Berbagai perusahaan manufaktur berkembang begitu pesat di berbagai negara maju yang memproduksi semua keperluan manusia. Mulai dari perusahaan mainan sampai perusahaan persenjataan yang sangat berisiko untuk mengancam kehidupan kita.

Apabila suatu teknologi katakanlah pembangunan reaktor nuklir dengan tujuan untuk pembangkit tenaga listrik. Jika pengelolaannya tidak baik maka akan menimbulkan sebuah bencana. Seperti terjadi pencemaran lingkungan berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Belum lagi jika reaktor nuklir digunakan untuk memproduksi senjata pemusnah massal yang sewaktu-waktu dipergunakan untuk keperluan perang seperti bom atom yang pernah dijatuhkan Amerika di Hiroshima dan Nagasaki Jepang yang menelan korban sangat banyak.

Nuclear Victim
Industri-industri besar juga dapat menjadi bencana jika pengelolaan limbah tidak terkendali dengan baik. Limbah industri dapat menimbulkan pencemaran air dan udara. Polutan sangat berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup tidak hanya bagi manusia tetapi juga semua makhluk hidup akan merasakan dampak dari limbah yang dikeluarkan industri yang tidak dikendali dengan baik.

Pollutant of Industrial Factor


Kecanggihan teknologi transportasi sangat membantu manusia dalam hal mobilitas sehingga memperlancar aktifitas dan mendorong pertumbuhan perekonomian. Namun dibalik itu, bencana juga tidak luput akibat kecanggihan transportasi. Polusi udara dari kendaraan yang diakumulasi secara terus-menerus membantu menyumbang terjadinya perubahan iklim seperti pemanasan global. Kecelakaan transportasi setiap saat bisa terjadi akibat bertambahnya jumlah alat transportasi yang tidak diiringi dengan fasilitas dan sarana transportasi. Kurangnya pemahaman tentang penggunaan teknologi transportasi bagi pemakai juga akan mangakibatkan bencana bagi pemakai transportasi terutama dalam hal kecelakaan berlalu lintas.

Transport Hazard

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Adu Sapi (Peupok Lumo)

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat