Dampak Perubahan Iklim Bagi Manusia

Dampak perubahan iklim bagi manusia sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan dan aktifitas keseharian manusia dalam meneruskan dan memperjuangkan kehidupan sehari-hari. Baik itu bidang sosial ekonomi maupun fisik atau tubuh manusia itu sendiri. Oleh karena itu sangat perlu adanya perhatian atau penekanan khusus dalam hal adaptasi terhadap perubahan iklim.

dampak perubahan iklim bagi manusia
Ilustrasi
Dampak perubahan iklim bagi manusia seperti pengaruh terhadap kesehatan, pengairan, pertanian, industri dan energi, perikanan dan kehutanan. Semua poin penting tersebut sangat berkaitan dengan keberlangsungan hidup manusia. Jika salah satu komponen di atas tidak dapat dipenuhi maka dapat dipastikan manusia akan mengalami kendala dalam melanjutkan kelangsungan hidup.

Pertama, kita lihat dampak perubahan iklim bagi manusia dari segi kesehatan yaitu temperatur yang hangat dan kelembaban tinggi dapat mempercepat atau meningkatkan pertumbuhan nyamuk pembawa penyakit malaria dan penyebaran nyamuk demam berdarah. Kemudian dari segi meningkatnya temperatur air laut juga dapat menyebabkan mudahnya terjangkit penyakit tifus di wilayah pesisir pantai. Meningkatnya suhu atau temperatur cuaca dapat meningkatkan pertumbuhan siklus suatu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Kedua, dampak perubahan iklim bagi manusia dilihat dari segi permukiman penduduk seperti jika permukaan air laut meningkat akan sangat mengancam pulau-pulau kecil sehingga masyarakat akan kehilangan tempat tinggal yang menjadi tempat sumber mencari nafkah. Meningkatnya air laut juga dapat berakibat fatal bagi pemukim yang tinggal di delta muara sungai besar. Bencana tanah longsor intensitasnya juga dapat meningkat sehingga mengancam pemukim di wilayah delta muara sungai besar.

Ketiga, angin badai akibat perubahan iklim juga sangat mengancam penduduk yang bermukim di wilayah pesisir pantai. Diperkirakan pada tahun 2080 badai besar dapat mengancam 200 juta jiwa penduduk wilayah pesisir pada khususnya. Kerugian tiap tahunnya rata-rata mencapai 10 milyar akibat terjadinnya bencana badai yang terjadi.

Keempat,  dampak perubahan iklim bagi manusia dilihat dari segi pengairan juga sangat tergantung pada intetentitas curah hujan di suatu wilayah tertentu. Saat ini diperkirakan 1,7 milyar orang tinggal diwilayah yang rentan terhadap bencana air karena tiap tahunnya air akan terus bertambah. Namun potensi meningkatnya air akan berbeda-beda tergantung wilayah terkadang suatu wilayah air menjadi meningkat dan sebaliknya di wilyah lain air menjadi berkurang yang berakibat menjadi bencana kekeringan.

Kelima, dampak perubahan iklim pada energi dan industri bisa kita lihat seperti pada pembangkit listrik tenaga air. Berkurangnya debit air pada wilayah sumber pembangkit listrik akan mengurangi pasokan energi pada industri-industri lain sehingga menghambat jalannya aktifitas industri yang sehingga terhambatnya pemenuhan kebutuhan manusia.

Keenam, dampak perubahan iklim bagi sektor pertanian sangat signifikan. Meningkatnya temperatur atau tingginya curah hujan akan menjadikan petani sulit beradaptasi dengan kondisi cuaca. Petani akan sulit menentukan kapan waktu musim tanam yang cocok untuk jenis suatu tanaman pertanian. Perubahan iklim akan mengakibatkan penurunan dalam produksi hasil pertanian atau bahkan dapat mengakibatkan gagal panen bagi sebagian jenis tanaman yang memang tidak dapat beradaptasi sama sekali dengan perubahan iklim.

Ketujuh, dampak perubahan iklim bagi manusia jika dilihat dibidang kehutanan  meningkatnya suhu maka berkurangnya ketersediaan air yang akan mengancam kelangsungan hidup flora dan fauna yang sangat bermanfaat dalam mendukung kelangsungan hidup manusia. Temperatur yang sangat tinggi juga dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan baik itu disebabkan oleh manusia maupun akibat alam. Seperti di California Amerika di daerah kering kebakaran dapat terjadi akibat petir yang menyambar sehingga menimbulkan sumber api yang dapat membakar seluruh hutan.


Demikianlah dampak dari perubahan iklim bagi manusia semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat