Mengapa Bencana Sering Terjadi

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dibenak kita. Kok sepertinya bencana semakin sering terjadi? Setelah Tsunami tahun 2004 seakan bencana demi bencana semakin sering terjadi. Baik intentitas gempa bumi, banjir maupun badai seakan semakin meningkat tiap tahunnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelum terjadi Tsunami. Seakan bencana sangat jarang terjadi. Dulu bumi seakan tenang-tenang saja jarang sekali kita dengar terjadi gempa bumi, banjir maupun gunung meletus.

Adakah terpikir oleh kita kalau memang benar bencana semakin sering terjadi atau memang dari dulu sudah terjadi hal demikian namun kita sendiri tidak menyadarinya. Apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan bumi atau ada faktor-faktor tertentu penyebab semakin sering terjadinya bencana terutama di indonesia.

Mungkin diantara kita ada yang berpendapat bahwa bumi sudah sangat tua. Bumi sudah renta sehingga sering terjadi gempa bumi? Mungkin sebagian kita juga berpendapat bahwa gara-gara terjadinya pemanasan global akibat meningkatnya aktifitas rumah kaca yang disebabkan oleh perkembangan industri yang semakin pesat di negara-negara maju.

Namun mereka kurang memperdulikan emisi gas rumah kaca yang mereka lepaskan ke angkasa sehingga menipisnya lapisan ozon bumi membuat kehidupan bumi akan terancam punah jika hal itu terus berlanjut.

Baiklah kalau itu jawabannya. Sekarang kita lihat menurut perkiraan umur bumi sampai sekarang ini sudah mencapai 4,5 miliar tahun lebih. Jika dihitung dari tahun masehi yang sekarang sudah  tahun 2014 maka jika dibandingkan dengan 4,5 miliar tahun itu tidak ada apa-apanya.

Misalnya kita bandingkan sejumlah uang yang jumlahnya sebesar Rp 4,5 miliar dengan jumlah uang sebanyak Rp. 2000. Dengan sendirinya uang Rp. 2000 tersebut hampir tidak ada nilainya. karena sangat kecil jumlahnya dibanding dengan uang sebanyak Rp 4,5 miliar.

Begitulah kira-kira kalau kita bandingkan dengan umur bumi antara tahun masehi yang sudah berjalan ribuan tahun lamanya yang sekarang sudah mencapai tahun  ke- 2014 dengan umur penciptaan bumi yang sudah berumur 4,5 miliar tahun lebih. Memang benar umur bumi sudah tua sejak sebelum tahun masehi bahkan ribuan tahun yang lalu memang bumi ini sudah sangat tua.

Namun sekali lagi pertanyaannya adalah kenapa sekarang ini seakan bencana itu sering terjadi? Kalau dulu sebelum Tsunami 2004 seakan sangat jarang kita mendengar terjadinya bencana. Ada pertanyaan lagi apakah bumi semakin berbahaya untuk tempat tinggal kita? jawaban  dari pertanyaan-pertanyaan tersebut salah satunya adalah pengaruh media.

Peran media sosial baik televisi maupun surat kabar sangat besar dalam masalah penyampaian informasi khususnya tentang kebencanaan. perkembangan teknologi informasi yang tumbuh begitu cepat beberapa dekade terakhir menyebabkan penyampaian informasi semakin akurat dan cepat sampai ke daerah pelosok daerah.

Pada saat terjadi Tsunami tahun 2004 setiap stasiun televisi baik televisi luar negeri maupun televisi dalam negeri begitu gencar menayangkan kejadian Tsunami yang menimpa Aceh secara live. Beberapa televisi menyiarkan secara khusus live berita tentang  bencana terbesar abad modern tersebut yang sekaligus ditetapkan sebagai bencana nasional oleh Presidan Indonesia dengan nama Indonesia Menangis pada saat itu.


Begitu juga ditahun-tahun selanjutnya begitu terjadi bencana secara live akan tersiar informasi kepada masyarakat sampai kepelosok secara berulang-ulang. Sehingga seakan bencana semakin sering terjadi. Padahal bencana itu sama saja terjadi dari tahun ke tahun.

Dari dulu memang sudah sering terjadi namun terkadang terjadi tidak di daerah atau tidak di negara kita. Namun karena akses informasi yang terbatas mengakibatkan informasi bencana atau fenomena yang terjadi di daerah lain tidak sampai ke masyarakat kita secara menyeluruh.


Banda Aceh, 11 September 2014
MN Akmal

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Adu Sapi (Peupok Lumo)

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat