Perilaku Jelek Perokok Indonesia

Jika melihat dari judul di atas saya tidak bermaksud untuk menyindir atau memojokkan para perokok. Namun ini merupakan suatu curahan hati atau pengalaman yang saya kira tidak kita sadari terkadang jika terus berlanjut secara terus menerus dapat berbahaya bagi kesehatan.

Ilustrasi

Baiklah pada kesempatan sebelumnya saya sudah menulis tentang upaya pemerintah dalammengurangi jumlah perokok di Indonesia. Pada kesempatan ini saya hanya ingin menyampaikan unek-unek tentang etika seorang merokok itu sendiri. Namun maksud dalam tulisan ini tidak dapat di generalkan untuk semua pecandu rokok. Sebelumnya saya mohon maaf kalau pembaca memang perokok berat dan mungkin anda sadar pernah melakukan hal yang saya bahas pada artikel ini.


Perokok tidak sadar atau memang sengaja saat merokok ditempat keramaian baik itu di warung kopi maupun di halte atau terminal yang penuh sesak terkadang mereka begitu leluasa seakan tidak bersalah saat asap rokok yang dihembuskan menyebar kesekelilingnya yang tanpa sengaja orang tidak merokok menjadi status perokok pasif sebab menghirup asap dari perokok aktif.

 Ilustrasi

Jika boleh kasarnya dikatakan para perokok terkadang “tidak punya perasaan” karena dalam lingkungan mereka terkadang ada bayi, anak-anak dan perempuan yang sama sekali tidak merokok bahkan mungkin alergi dengan asap rokok. Adakah terpikir kalau dilingkungannya ada orang yang memang sangat alergi terhadap rokok misalnya alergi hidung yang sangat peka terhadap asap. Sehingga sangat mengganggu bahkan terkadang dapat menyebabkan meningkatkan penyakit yang dideritanya.

Dibeberapa tempat umum terutama di Universitas dan perkantoran telah menempelkan pengumuman disetiap ruangan tentang larangan merokok diruangan tersebut. Namun banyak pula yang tidak mengindahkan pengumuman tersebut karena sudah budaya masyarakat kita yang malas membaca bahkan sekedar membaca pengumuman dilarang merokok.

Ilustrasi

Demikianlah sekilas curahan hati tentang bagaimana pandangan saya terhadap beberapa tingkahlaku perokok di tempat kita yang terkadang mengabaikan siapa saja orang dilingkungan mereka saat mereka menikmati sebatang rokok. Semoga dengan tulisan ini setidaknya dapat membuat kita sadar akan siapa saja dilingkungan kita saat kita akan merokok sehingga menjadikan kita sadar untuk menghindar dan mencari tempat yang tidak mengganggu orang disekeliling kita saat menikmati rokok.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Adu Sapi (Peupok Lumo)

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat