Tips Menghindari Bahaya Bencana Tanah Longsor


Bencana tanah longsor sering terjadi diwilayah indonesia dan juga telah banyak menelan korban. Wilayah Indonesia merupakan negara dengan struktur geografisnya kepulauan dan banyak wilayah penggunungan yang beriklim tropis sehingga banyak penduduk yang bermukim dilereng gunung sebagai petani.

bencana tanah longsor
Bencana tanah longsor disebabkan oleh berbagai penyebab seperti gempa bumi, angin badai, banjir, hujan deras, gunung api meletus, kebakaran hutan, pertambangan dan akibat ulah manusia yang mengelola lahan yang dapat merusak lingkungan terutama merusak struktur tanah. Bencana tanah longsor sangat berbahaya bagi penduduk yang bermukim di pinggir tebing gunung. Tanah longsor biasanya juga terjadi pada tanah yang berupa bongkahan batu.

Tanah longsor terjadi sangat cepat akibatnya dapat menyeret dan menimbun pemukiman penduduk dalam hitungan detik sehingga penduduk yang rentan terhadap bencana tanah longsor perlu mengenali bahaya yang mengintainya setiap saat. Apa yang seharusnya dapat dilakukan untuk melindungi diri sebelum terjadinya bencana tanah longsor?

Berikut kita lihat beberapa kiat yang dapat diikuti jika anda adalah pemukim yang tinggal di wilayah rentan bencana tanah longsor.
  • Hindari membangun rumah pada wilayah tebing, dekat dengan lereng bukit, pinggir sungai yang sangat berpotensi terjadinya bencana tanah longsor secara alami.
  • Kenali wilayah anda pastikan anda bermukim pada wilayah yang sangat aman dari bencana tanah longsor dan kenali juga cuaca yang dapat memungkinkan tejadinya tanah longsor.
  • Jika anda membangun rumah yang memang daerah rentan maka pastikan dinding dan atap rumah anda sangat kokoh sehingga jika pun terjadi bencana tanah longsor anda memiliki celah dalam rumah untuk bertahan hidup sampai tim rescue datang.
  • Bangun pengalih aliran tanah pada dinding untuk mengantisipasi jika terjadi tanah longsor tanah tidak akan tertahan dirumah anda yang menyebabkan tertimbunya rumah anda.
  • Untuk melindungi property rumah anda maka tidak salahnya anda mengasuransikan rumah anda.
  • Yang terakhir adalah berdoa agar terlindung dari bahaya tanah longsor.
Demikianlah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana tanah longsor. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini semoga kita senantiasa aman dari segala bencana.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat