Bencana Tanah Longsor di Oso Washington Amerika

Sebelumnya kita telah membahas mengenai tanah longsor dan tips menghindari bencana tanah longsor. Pada kesempatan ini kita akan membahas kejadian tanah longsor yang terjadi di Amerika Serikat pada tanggal 23 maret 2014 lalu. Lanah longsor yang terjadi di wilayah dekat Oso Amerika Serikat yang menimbun area longsoran setebal 4,5 meter.

Bencana Tanah Longsor di Oso Wasington Amerika
Tanah Longsor 2014 dekat Oso Washington Amerika Serikat
Tanah longsor yang terjadi di daerah barat utara Washington tersebut terjadi pada Sabtu pagi. Longsoran tanah bergerak cepat kearah sungai  Stillaguamish sungai dekat perkampungan kecil yang penduduknya mayoritas nelayan. Sehingga tanah longsor tersebut menjadi paling berbahaya bagi penduduk setempat.



Otoritas setempat melaporkan setidaknya delapan orang meninggal dunia dan delapan lainnya mengalami cedera. Tidak hanya itu, 108 orang kehilangan komunikasi dan tidak diketahui keberadaannya. Bencana tersebut juga mengakibatkan 30 buah rumah penduduk mengalami kerusakan fatal.

Menurut ahli kejadian tanah longsor tersebut disebabkan oleh terjadinya hujan berat sehingga terganggu keseimbangan permukaan tanah dan juga terjadi erosi pada sungai Stillaguamish yang memotong aliran air sehingga menyebabkan kelebihan berat tanggungan tanah.

Tanah longsor merupakan aliran tanah dalam skala besar dengan pergerakan tanah kecepatan tinggi akibat terganggunya keseimbangan beban tanah karena bertambahnya unsur air didalamnya dan faktor kemiringan lereng tanah. Tanah longsor juga dapat diakibatkan oleh gempa bumi dan penggundulan hutan baik oleh penebangan yang tidak terkendali maupun oleh sebab kebakaran.

Laporan Center for Disease Control and Prevention (DCD) tanah longsor menyebabkan kematian antara 25 sampai 50 orang meninggal setiap tahun.

Lihat Video Tanah Longsor dibawah:


Comments

Popular posts from this blog

Desa Blang, Kampung Semangka

Sepuluh Gunung Api Meletus Paling Dasyat Di Indonesia

Hantu Aceh Berdasarkan Tempat